Sunday, September 1, 2013

Belanja-Belanji Seserahan

Ini adalah bagian paling menyenangkan, soalnya saya adalah ratunya jadi bebas memilih sendiri. Tips membeli seserahan adalah jangan lupa dicatet dulu daftar barang yang harus dibeli apa saja jadi biar nggak kalap begitu dilepas di tempat belanja. Selain itu juga tanya teman kanan kiri yang pernah menikah, seserahan apa aja yang biasanya dibeli jadi biar nggak mubazir. Karena hakikatnya seserahan adalah benda yang berguna dan dipakai sehari-hari oleh si perempuan ketika sudah menikah.
Oya, tips lagi kalo beli seserahan, jangan mentang-mentang kita jadi ratu dan semuanya bebas milih trus jadi aji mumpung alias beli barang-barang yang sekalian mahal. Iya kalo kepake dan cocok, kalo ngga cocok modelnya ato ngga cocok di kulit (kosmetik) pas dipake bisa berabe juga. Kasian juga pasangan kita boncos. Salah-salah malah dikira bukan beli seserahan, tapi malah morotin. Nah loh..
Biar nggak menumpuk dan bikin repot belinya, seserahan bisa dicicil kok. Itu yang saya lakukan, nyicil seserahan. Jadi kalau pas jalan-jalan ke mall bisalah sambil beli sepatunya dulu, ato tasnya, ato mampir ke counter make up buat beli seserahan. Contohnya, pas jalan-jalan ke Arion, saya mampir ke counter make up trus nemu aja make up buat seserahan. Trus nanti jalan jalan lagi ke ITC Cempaka Mas, nemu lagi lumayan kan buat nambah-nambah. Eh, pas beli souvenir di Pasar Mester Jatinegara juga saya sempet-sempetin muter-muter di pasarnya dan waktu itu nemu beberapa item buat seserahan, lumayan nggak usah ngoyo nyarinya.
Buat yang muslim, biasanya seserahan atau malah mas kawin seperangkat alat solat. Saya merekomendasikan buat yang di Jakarta beli mukena dan sajadah di Pasar Mester Jatinegara atau Pasar Tanah Abang. Dua tempat itu bisa jadi lebih murah daripada beli di ITC. Tapi yang pasti, kita harus pintar-pintar nawar sama si penjual. Model dan variannya pun bannyak, mulai dari yang border biasa sampai yang sutra semuanya ada. Tapi ingat, semahal-mahalnya alat solat, yang penting adalah dipake saat nanti kita sudah menikah.

Untuk seserahan, biasanya dihias dalam kotak seserahan cantik. Waktu itu, seserahan yang saya beli dikelompokkan jadi beberapa jenis, misalnya make up sendiri, sandang sehari-hari sendiri, alat solat sendiri, dll. Untunglah saya dapat ‘warisan’ kotak seserahan dari saudara-saudara saya. Cukuplah untuk membungkus semua seserahan yang saya beli. Tapi kalau memang ada yang mau beli kotak seserahan, Pasar Stasiun Cikini atau (lagi-lagi) Pasar Mester Jatinegara menyediakannya lengkap dari berbagai model dan harga. Eh, ternyata pas hari H seserahannya nambah, karena ibu mertua beliin sepray buat nambahin seserahan. Lebih beruntungnya lagi, ternyata saudara pacar saya pinter menghias kotak seserahan. Alhasil, jadilah itu celana dan sepray dalam bentuk burung, atau handuk jadi boneka beruang. Praktis dan pastinya gratis. Yeah, lucky me, lucky us..


-kaniara-

No comments:

Post a Comment