Saturday, November 2, 2013

Penghulu Bagai Angin Lalu

Sebenarnya urusan KUA lebih penting dari urusan yang lainnya, karena kalo ini ngga beres bisa runyam semuanya. Syarat-syarat nikah pasti sudah banyak yang posting dan bisa di-googling dengan mudah, cuma saya disini mau cerita pengalaman saya dengan pasangan saat berurusan dengan KUA dan petugasnya.
Saya dan suami cuma kasih semua syarat-syarat ke orang tua dan diurusin sama orang tua dan pak kaum (orang yang ngurus-ngurus pernikahan di desa). Jadi pas saya dan pasangan pulang sudah beres dan tinggal daftar ke KUA aja.
Dari semua syarat-syarat yang dikasih, katanya format fotonya salah. Saya dan pasangan harus foto bareng (nggak boleh pisah-pisah pake pas foto)di tukang foto yang udah jadi rekanan si KUA dengan alasan takutnya pasangan yang didaftarin sama aslinya ternyata beda atau menipu. Tapi ternyata pas ditanyain ke petugas KUA-nya boleh kok pas foto terpisah dengan ukuran 2x3. Kan yang penting petugas KUA-nya sudah liat wujud saya dan suami seperti apa, masak iya kita mau nipu atau pake calo buat nikah.
Di banner KUA ditulis kepengurusan administrasi pernikahan mudah dan hanya 15 menit. Ya 15 menit. Tapi faktanya kita 2 jam nunggu di KUA sampe salah tingkah dengan alasan laptopnya rusak dan software buat daftarin pernikahannya harus diinstal lagi. Oh my, lama sekali sampe saya mau ngusulin ke petugas KUA-nya coba diliat sama pasangan saya yang sarjana komputer, jangan-jangan rusaknya sepele tapi yang reparasi ngga ngerti. Setelah menunggu, akhirnya petugas dateng, tapi curiga kayak habis kondangan deh bukan habis benerin laptop. Tapi yasudahlah, yang penting urusan cepet selesai.
Saya kira ngurus nikah hari Minggu dari H-1 bulan di daerah itu santai. Artinya antrian nikahnya nggak banyak karena rata-rata kalo di kampung kan nikah hari-hari kerja. Saya sama pasangan sih pengennya jam 8 nikahnya karena jam ideal banget. Udah gitu undangan udah dicetak, akad nikah jam 8 dan resepsi jam 11. Tapi ternyata oh ternyata antriannya sudah numpuk. Udah ada yang ‘booking’ penghulu jam 8 dan jam 9. Tadaaa, gimana ini? Saya ngga bisa mikir. Akhirnya tersisa jam 10. Udah maksa penghulu jam 7 tapi mereka nggak mau dengan alasan kepagian dan itu hari Minggu.
Akhirnya (unuk sementara) ditulis dulu jam 10. Tentatif banget sih ini jamnya karena bisa jadi tambah molor. Soalnya jam 11 di undangan itu udah ngga bisa diganggu gugat, apalagi kita pake upacara adat yang lama. Tukang rias malah ngusulin akad nikahnya ganti hari Sabtu malemnya aja. Alamak, undangan udah dicetak masa diubah lagi. Ribet ah! Untuk sementara ini diterima aja jam 10 dulu.
Buat biaya nikah dan KUA, saya selalu gembar-gembor kalo biayanya cuma 30 ribu rupiah. Itu kenapa nikah tuh murah. Yang mahal resepsinya ato ngga kalo ada oknum penghulu yang ‘nakal’. Ngomong-ngomong soal penghulu ‘nakal’, sepupu saya sampai habis sejuta lebih buat daftar dengan alasan biaya wali (karena dia mualaf dan ayahnya non Islam) dan biaya nikah. Mahalnyaa.
Biaya nikah kali ini 300ribu. Mahal? Enggak buat saya, tapi ini udah 10 kali lipat dari biaya nikah aslinya. Kata ibu petugas KUAnya ini sudah biasa, harga standar kalo mau menikah di rumah. Dia agak canggung pas ngomong gitu, mungkin keder juga sama saya yang dia tau adalah wartawan, dan calon suami yang juga kerja di media. Saya bayar aja 300ribu, namun jangan harap akan senang karena uang itu plus uang ‘intervensi’ esok harinya, hahaha.
Iya intervensi ibu saya yang datang ke KUA sama bapak saya beberapa hari kemudian buat ‘maksa’ si penghulu mau ubah jam jadi jam 7. Setelah dipaksa, si penghulunya mau tanpa biaya tambahan (masih tetep 300ribu tapinya) dengan alasan nggak enak sama saya dan calon suami yang wartawan, takut kenapa-napa (padahal saya juga ngga ngapa-ngapain, hahaha). Si penghulu juga nggak enak mau minta uang bayaran lagi (dengan alasan nggak enak dan takut) dan si ibu juga udah berkomitmen nggak akan ngasih dia ‘tip’ habis nikahin saya ntar. Cukup 300 ribu itu. Tapi si penghulu mengajukan syarat, kalo ngga tepat jam 7 alias telat, maka dia akan pergi dulu dan balik lagi buat ijab kabul jam 10. Oke deh pak siap.

Oya, kata ibu, selama dia ‘intervensi’ di KUA itu si penghulu malah curhat kalo uang 300 ribu itu selain buat administrasi nikah juga buat beli gula, kopi, teh, sama bayar listrik di KUA. Bayar listrik? Emang ngga dikasih anggaran sama dinas yg membawahinya? Si penghulu jadi ngga enak sama ibu (takut diberitain ato ngga dilaporin KPK sama anaknya kali ya). Mudah-mudahan si penghulu ke depannya bisa sadar ya karena kalo di kampung selisih 270 ribu itu sangat berharga dan kalo masih tetep nyatut apalagi lebih mahal, boleh juga tuh kapan-kapan ‘disenggolin’ dikit ke KPK, hahaha.

-kaniara-

No comments:

Post a Comment